Darah manusia




Darah adalah cairan yang terdapat pada semua makhluk hidup yang berfungsi mengirimkan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh, mengangkut bahan-bahan kimia hasil metabolisme, dan juga sebagai pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri.

Darah didalam tubuh manusia mempunyai peran penting dalam proses kehidupan.Saya sebagai mahasiswa Analis Kesehatan dituntut untuk bisa mengambil darah dari dalam tubuh manusia.Darah salah satu sarana untuk mengetahui jenis penyakit seseorang.

Didalam tubuh manusia memiliki jenis-jenis sel darah yaitu sel darah merah dan sel darah putih.Sel darah putih memiliki peran penting dalam proses fagositosis atau memakan bakteri yang berusaha masuk kedalam darah.Namun jika sel darah putih melebihi normal dapat menyebabkan kematian.Fungsi sel darah merah untuk mengalirkan oksigen keseluruh tubuh.

Anemia disebabkan karena prosuksi sel darah merah dalam tubuh manusia dibawah batas normal.Sehingga penderita sering mengalami gejala pusing,berkunang-kunang,wajah pucat,badan lemas dan lain-lain.Karna produksi sel darah merah kurang maka menyebabkan terjadi gangguan dalam proses pengangkutan oksigen ke otak dan zat metabolisme kebagian tubuh lainnya.Karena disebabkan kurangnya oksigen penderita menjadi pusing dan lemah.

Untuk meningkatkan sel darah merah dalam tubuh dapat memproduksi:
  • Makanan yang kaya akan zat besi, seperti daging sapi, kacang-kacangan, sereal yang diperkaya zat besi, sayuran berdaun hijau gelap, dan buah kering.
  • Makanan yang kaya akan asam folat, seperti buah-buahan, sayuran berdaun hijau gelap, kacang hijau, kacang merah, kacang tanah, gandum, sereal, pasta, dan nasi.
  • Makanan yang kaya akan vitamin B12, seperti daging, susu, keju, sereal, dan makanan dari kedelai (tempe atau tahu).
  • Makanan yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk, merica, brokoli, tomat, melon, dan stroberi. Makanan-makanan tersebut dapat membantu penyerapan zat besi.
Golongan darah memiliki 4 tipe yaitu A,B,AB dan O.Untuk menjaga agar darah didalam tubuh menjadi normal kita harus menjaga kesehatan,berolahraga dan makan makanan bergizi seperti sayuran dan buah-buahan.
Semoga bermanfaat untuk kalian yang membaca,Terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hemoglobin dalam darah

Motivasi hidup

Klepon labu Goreng