Hemoglobin dalam darah




Hemoglobin adalah protein yang berada dalam sel darah merah. Terjadinya perubahan kadar hemoglobin di dalam darah dapat menandakan terjadinya gangguan kesehatan, terutama yang menyangkut darah.
  • Kadar Hemoglobin RendahKadar hemoglobin rendah berarti ada sesuatu pada tubuh Anda. Misalnya kekurangan nutrisi, kehabisan darah karena operasi, menderita anemia atau kelainan darah, memiliki masalah dengan ginjal, maupun adanya paparan radiasi.
  • Kadar Hemoglobin TinggiKadar hemoglobin tinggi juga menunjukkan bahwa ada kelainan pada tubuh. Pada saat hemoglobin tinggi, berarti tubuh Anda kemungkinan mengidap gangguan sumsum tulang, penggunaan obat yang tidak tepat, kanker, penyakit paru, atau kebiasaan merokok. Ada juga faktor lingkungan yang menyebabkan kadar hemoglobin menjadi tinggi, seperti tinggal di daerah dataran tinggi.
Kadar hemoglobin atau Hb seseorang dapat diketahui dengan melakukan pemeriksaan darah.Gejala dan tanda bahwa seseorang kekurangan Hb sangat bergantung pada penyakit penyerta yang mendasari munculnya gangguan ini.
Tanda-tanda yang mungkin Anda alami saat mengalami kekurangan hemoglobin adalah merasa lelah, lemah, pucat pada kulit dan gusi, sesak napas, detak jantung tidak teratur, dan kuning pada mata atau kulit. Kekurangan hemoglobin bisa saja tidak bergejala namun bisa juga menunjukkan gejala yang berat. Hal ini karena penyebabnya bisa bermacam-macam dan sangat bergantung pada penyakit penyerta atau kondisi yang mendasarinya.
Video diatas menunjukkan tentang cara pemeriksaan hemoglobin dengan metedo sahli.
Semoga bermanfaat bagi kalian,Terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Motivasi hidup

Klepon labu Goreng